-->

Kumpulan Silabus Umum Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tingkat Satuan Pendidikan MTs/SMP.


Pada kesempatan ini, kami berbagi Kumpulan Silabus Umum Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tingkat Satuan Pendidikan MTs/SMP.

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar.

Untuk menambah wawasan kita tentang silabus, berikut ini ada beberapa pendapat menurut beberapa ahli yaitu;
  1. Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Kunandar, 2011: 244).
  2. Sedangkan silabus menurut Yulaelawati adalah seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis, memuat tentang komponen-komponen yang saling berkaitan dalam mencapai penguasaan kompetensi dasar.
  3. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, pencapaian kompetensi untuk penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar (Trianto, 2010:96).
Jadi, Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis yang memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.

Berikut ini kami berbagi silabus mata pelajaran umum terbaru revisi 2017 kurikulum 2013 
tingkat satuan pendidikan MTs/SMP sebagai acuan dalam pembuatan RPP:


1. Bahasa Indonesia 
2. Bahasa Inggris 
3. Bahasa Arab
4. Matematika 
5. IPA Terpadu 
6. IPS Terpadu 
7. PKn 
8. SBK 
9. Penjaskes  
10. Prakarya 

Demikian, semoga bermanfaat. 
Tag : PENDIDIKAN
0 Comments for "Kumpulan Silabus Umum Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tingkat Satuan Pendidikan MTs/SMP."

Back To Top